Search This Blog

8.2.11

TENIS MEJA

Sejarah tenis meja atau ping pong adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Di Republik Rakyat Cina , nama resmi olahraga ini ialah "pingpong"

Sejarah

Permainan tenis meja bermula pada tahun 1880-an di Inggris. Saat itu, masyarakat kelas atas Victoria menganggapnya sebagai hiburan seusai santapan malam. Pada Olimpiade Seoul 1988, tenis meja dipertandingkan untuk pertama kalinya di ajang olahraga yang paling prestisius itu. Tenis meja menjadi sumber inspirasi bagi PONG, sebuah video game terkenal yang dirilis tahun 1972. Pada awal 1970-an, para pemain tenis meja Amerika Serikat diundang ikut serta dalam sebuah turnamen di Republik Rakyat Cina. Peristiwa ini mencairkan ketegangan hubungan antara kedua negara. Istilah "Diplomasi Ping Pong" muncul ketika Presiden AS Richard Nixon tak lama kemudian berkunjung ke Tiongkok. Pada Kejuaraan Dunia 1936 di Praha, dua pemain yang saling menerapkan pola bertahan/defensif membutuhkan waktu lebih dari satu jam demi meraih satu poin. Uni Soviet melarang penduduknya bermain tenis meja pada 1930 hingga 1950 dengan alasan olahraga tersebut berbahaya bagi mata manusia

Peralatan



Peralatan (Equiptment) :
  • Bola (Bola tenis meja adalah gery)
  • Meja
  • Raket :Merupakan untuk peralatan memukul bola, dikenal juga dengan istilah bat, padle. (Selajutnya dipakai istilah raket).
Raket terdiri dari 2 bagian:
1. Blade :
2. Rubber :

Struktur blade
Berbagai jenis karet pelapis (rubber)

Inverted (non-Chinese): Inverted atau permukaan karet yang licin. Jenis ini paling banyak dipakai. Permukaannya halus (smooth), dengan sisi permukaan pimple (bintik) menghadap ke arah blade. Memungkinkan pemain menghasilkan spin dan speed tingkat tinggi. Spin dihasilkan tidak hanya oleh kinerja topsheet (lapisan luar) sendiri, tetapi juga oleh masuknya bola (menancap tenggelam) ke dalam sponge dan mengikuti luas permukaaan yang lebar untuk mengkontak bola.

Inverted (Chinese): Chinese rubbers typically have stickier (or "tackier") topsheets. Spin is generated mainly by the topsheet, as opposed to the sponge, which is relatively more condensed and firmer. The result is usually a far better short game and potential offensive capabilities than normal inverted, but also a less consistent defensive and/or counter play. Karet buatan China biasanya mempunyai topsheet (lapisan atas, lapisan luar) yang lebih lengket dibanding karet inverted non-china. Putaran (Spin) terutama oleh topsheet. Kebalikan dari busa (sponge) yaitu relatif padat dan kokoh. Hasilnya biasanya jauh lebih baik dalam permainan singkat (short game) dan memiliki kemampuan lebih menyerang dibanding inverted normal, tapi juga kurang konsisten dalam permainan defensive (bertahan) ataupun juga counter (membalas).
  • Pakaian
Pemilihan pakaian yang tepat :
  1. Gunakan bahan kaos yang dapat menyerap keringat dengan baik dan ringan.
  2. Gunakan ukuran yang sesuai dengan postur tubuh , jangan sampai pakaian tersebut menghalangi gerakan kita saat bermain.
  3. Gunakanlah celana yang berukuran pendek agar memudahkan dalam melakukan gerakan.
  • Istilah Dalam Tenis Meja
Alternation of service / Bergantian serve
Series of games / Game berikutnya
Doubles game / Bermain ganda
Styles of play / Gaya-gaya permainan
Grip / Grip (cara memegang raket
Types of shots / Macam-macam pukulan (shot)

Dalam tenis meja, pukulan (stroke) secara umum dapat dikelompokkan sebagai pukulan yang bersifat serangan (offensive, menghasilkan bola topspin) dan pukulan bersifat bertahan (defensive, menghasilkan bola backspin). Spin disini termasuk juga smash, blok, dan lob. Kedua kelompok pukulan ini berlaku untuk forehand dan backhand.

Pukulan dikenal juga dengan istilah shot, stroke, hit. Beberapa literatur menyebutkan tedapat sejumlah pukulan dalam tenis meja.

Drive, Push, Block, Smash, Hit, Servis, Servis return, Half volley, Side slip shot, Loop, Flip/Flick, Drop shot, Cho (Short cut, Long cut), Lobbing.

Offensive strokes / Pukulan-pukulan menyerang

Speed drive
Loop drive
Counter drive

1. The Loop
2. The Rush
3. The Hook

Flip (Flick, istilah Eropa)
"Jaunty Pirate"
Smash

Defensive strokes / Pukulan-pukulan bertahan
Competition / Kompetisi (pertandingan)
Notable players / Para pemain tercatat

No comments: