Search This Blog

3.3.11

NASCAR.

National Association for Stock Car Auto Racing (NASCAR) merupakan perusahaan yang dimiliki oleh keluarga dan menyelenggarakan berbagai macam even balapan. Didirikan oleh Bill France Sr. pada 1947-48. Kini, yang memegang jabatan CEO di perusahaan ini adalah anaknya, Brian France. NASCAR merupakan penyelenggara balap mobil terbesar di Amerika Serikat. Tiga seri balapan terbesar NASCAR ialah Sprint Cup, Nationwide Series, dan Camping World Truck Series. NASCAR menyetujui lebih dari 1.500 balapan di 100 trek di 38 negara bagian, Kanada, dan Meksiko. NASCAR juga mengadakan pertunjukan di Suzuka City, Jepang. Motegi City, Jepang, dan Melbourne, Australia.

Kantor pusat NASCAR berada di Pantai Daytona, Florida, meskipun masih memiliki kantor-kantor di empat kota di negara bagian North Carolina: Charlotte, Mooresville, Concord, dan Conover. Kantor regionalnya berada di New York City, Los Angeles, Bentonville dan kantor internasionalnya ada di Mexico City dan Toronto.

Nascar merupakan salah satu dari olahraga yang paling banyak dilihat berdasarkan rating televisi di Amerika Serikat. Faktanya, hanya liga sepakbola amerika profesional-lah yang memiliki banyak penonton dibanding NASCAR. Di luar Amerika, NASCAR disiarkan di lebih dari 150 negara.

Daftar isi

Liga dalam NASCAR

Sprint Cup Series

Logo NASCAR Seri Piala Sprint.

Seri Piala Sprint NASCAR merupakan divisi tertinggi dalam balapan NASCAR. Pertama kali digelar tahun 1949 dengan nama Strictly Stock Series. Era tahun 1950-1970 balapan ini kemudian dikenal dengan nama Grand National Series. Sejak memiliki sponsor dari perusahaan tobako R. J. Reynolds Tobacco Company, seri ini kemudian dikenal dengan nama Winston Cup Series sampai akhir musim 2003. Sejak 2004 sampai 2007 balapan ini berganti sponsor menjadi Nextel Cup Series, dan dengan adanya merger antara Nextel dengan perusahaan telekomunikasi Sprint, maka sejak musim 2008 balapan ini dikenal dengan nama Sprint Cup Series sampai saat ini.

Pembalap yang paling sering juara di seri Sprint Cup adalah Richard Petty dan Dale Earnhardt Senior dengan raihan 7 kali gelar juara umum.

Nationwide Series

Seri Nationwide merupakan divisi dua dari seri balap NASCAR (kira-kira sama seperti F3000 yang merupakan divisi dua sebelum jenjang F1). Pertama kali diadakan tahun 1982, dan biasanya digelar di sirkuit-sirkuit kelas dua yang tidak menggelar balapan Sprint Cup. Balapan Nationwide juga biasanya digelar sehari sebelum balapan utama Sprint Cup.

Camping World Truck Series

Seri Camping World Truck merupakan seri balap NASCAR khusus untuk mobil-mobil berbentuk pick-0up, dan pertama digelar di musim 1995.

No comments: